
PEMAHAMAN KARIR SISWA BERBASIS MINI GAME EDUCATION PORTABLE PADA SMK NEGERI 4 TARAKAN
Pengarang : Sholatiah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan kepraktisan media pengembangan pemahaman karir siswa berbasis mini game education portable pada smk negeri 4 tarakan, yang di tinjau berdasarkan dari validasi ahli media dan materi serta respon pengguna peserta didik dan guru bk. jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian research and development (r&d) prosedur penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini berdasarkan alur model penelitian dan pengembangan yang di modifikasi oleh addie dalam sugiyono (2018). dimodifikasi dengan tahapan yaitu: analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar respon pengguna. teknik pengambilan data menggunakan uji kelompok kecil dengan jumlah 9 orang peserta didik dan 1 orang guru bk. teknik analisis data hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 91,66% dengan kategori sangat layak dan hasil dari validasi materi sebesar 76,56% dengan kategori layak, di tinjau dari penilaian yang dilakukan berdasarkan aspek kelayakan sebuah media. hasil dari respon siswa memperoleh persentase 88,70% dengan kategori sangat praktis yang di tinjau dari penilaian berdasarkan aspek kepraktisan. hasil respon pengguna guru bk pada uji coba kepraktisan memperoleh hasil akhir 94,44% yang di kategorikan sangat praktis. sehingga dapat disimpulkan bahwa dari berbagai penilaian dari validator ahli media dan materi, serta respon siswa dan guru bk, maka media permainan quizwhizzer ini di nyatakan sangat layak dan praktis dalam penggunaannya pada proses layanan pemahaman karir. kata kunci: karir, mini game -education portable, quizwhizzer
Abstrak Indonesia
This study aimed to determine the feasibility and practicality of a portable mini-game-based educational media in developing students' career understanding at smk negeri 4 tarakan. the evaluation was based on validation by media and material experts, as well as user responses from students and a counseling teacher. the research employed a research and development (r&d) approach, following a modified addie model (analysis, design, development, implementation, and evaluation) as proposed by sugiyono (2018). data collection instruments included expert validation sheets and user response sheets. the data collection technique involved a small group test with 9 students and 1 guidance counselor. the validation results from the media expert showed a score of 91.66%, categorized as very feasible, while the material validation yielded a score of 76.56%, categorized as feasible, based on media feasibility criteria. student responses based on the practicality aspect showed a score of 88.70%, indicating very practical use, while the guidance counsellor's response in the practicality trial was 94.44%, also categorized as very practical. these findings indicate that the quizwhizzer mini-game media was both feasible and practical for use in career understanding services, based on assessments from media and material experts, students, and a guidance counselor. keywords: career, mini game - portable education, quizwhizzer